Minggu, 10 Agustus 2008

Belalang Nikmat


Belalang...ketika terdengar kata belalang yang terbayang di benak kita adalah serangga dengan kaki yang memiliki kaki dengan duri tajam. Tetapi di Gunungkidul merupakan makanan atau sebagai lauk yang cukup hmmmm....yumi. Bahkan belalang goreng yang sudah dikemas menarik memiliki nilai jual yang cukup mahal...bahkan lebih mahal dari daging ayam.
ketika orang lain mengagap belalang atau walang dalam bahasa jawanya sebagai ekstrem kuliner, maka aku hanya bisa tersenyum bangga. Walang yang dikonsumsi adalah jenis walang kayu yang hidup diladang atau dipohon pohon di kebun. Cara memasaknyapun cukup mudah. Tinggal di beri air panas dibuang kotorannya dan dibumbui seperti bumbu tempe goreng. Kemudian digoreng setelah kulit mengering tinggal dicicipi kalu sudah terdengar kata kriuk..berarti sudah masak. dan sudah siap disantap sebagai teman nasi.
Tapi hati hati bagi yang mencoba coba dan belum terbiasa badan bisa biduran ... Tapi perlu dicoba karena walang goreng memeliki citarasa yang cukup wah.. gak jauh beda dengan udang goreng...selamat menikmati..............


( image : escoret.net)

Tidak ada komentar: