Senin, 11 Agustus 2008

RASULAN DI GUNUNGKIDUL


Rasulan....Setiap yang mendengar pasti mengkaitkan dengan peringatan yang berhubungan dengan Nabi Muhammad SAW. Tetapi tidak diGunungkidul. bahkan penduduk non muslim pun banyak yang merayakannya. Hal ini disebabkan karena memang rasulan di gunungkidul tidak serta merta berhubungan dengan peringatan Nabi Muhammad.
Rasulan pada saat ini lebih merupakan ungkapan syukur dari penduduk atau masyarakat atas hasil bumi / panen yang melimpah ruah, walaupun pada kenyataannya tidak demikian. Untuk masyarakat saat ini rasulan merupakan kata lain dari bersih dusun. Pada prakteknya rasulan saat ini merupakan pesta rakyat yang diikuti oleh seluruh warga masyarakat. Biasanya rasulan diadakan setahun sekali dan tiap daerah mempunyai waktu yang berbeda beda mungkin disesuaikan dengan hari lahirnya daerah tersebut.
Rasulan di awalai dengan melakukan kerja bakti yang tujuannya untuk membersihkan lingkungan tersebut secara fisik. Dan biasanya pada acara puncak di adakan lomba lomba atau pawai keliling yang melibatkan seluruh unsur masyarakat.
Akhir akhir ini acara rasulan dibuat begitu semarak dan meriah, bahkan keramaianya hampir sama seperti saat lebaran. Dimana banyak orang yang bersilaturahmi dan akhirnya diakhiri dengan jamuan makan.
Disini terlihat betapa harmonisnya dan hangat hubungan kekeluargaan antar masyarakat, alangkah baiknya jika hal ini bisa menjadi cerminan kita dalam berbangsa dan bernegara yang akhir akhir ini mengalami krisis multi dimensional.

Tidak ada komentar: