Minggu, 10 Agustus 2008

Profil Gunungkidul

Gunungkidul merupakan salah satu kota pinggiran, yang merupakan bagian kabupaten dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Luas wilayah kira kira 1.483 km2. Keadaan geografi kabupaten Gunungkidul terdiri dari bukit bukit kapur dengan tanah sebagian kering. Adapu batas batas wilayah daripada Kabupaten gunungkidul adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara : Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah;
Sebelah Selatan : Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah;
Sebelah Barat : Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta;
Sebelah Timur : Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah.
Penduduk sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Dengan keadaan gegografis yang berbatu kapur dan berbukit bukit. Ibukota dari kabupaten Gunungkidul adalah Wonosari yang merupakan pusat pemerintahan kabupaten Gunungkidul.
Adapun Gunungkidul terbagi menjadi 18 kecamatan yaitu : Patuk, Paliyan, Playen, Panggang, Tanjungsari, Saptosari, Tepus, Rongkop, Tepus, Girisubo, Semin, Semanu, Nglipar, Wonosari, Ponjong, Karangmojo, Tanjungsari, Ngawen.
Walaupun gunungkidul terdiri dari bukit bukit kapur tetapi disisi lain Gunungkidul terkenal memiliki beberapa obyek pariwisata alam yang cukup mempesona diantaranya adalah pantai baron, Krakal, kukup, Sadeng, Wediombo dan lain sebaginya.

Tidak ada komentar: